Blog Kumpulan aneka Resep Indonesia dan cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah, enak.

Cari Resep Yang Anda Mau

Jumat, 09 Juni 2017

Resep Dan Cara Membuat Kue Sarang Semut Kukus Sederhana

Resep umi - Aneka Resep Nikmat - Kue Sarang Semut Kukus? Pernah dengar? mungkin asing tapi apabila melihat bentuknya bukan kue yang asing bagi sebagian orang, memang bentuknya seperti bika ambon hanya saja warnanya berwarna coklat tapi ini bukan bika ambon tapi Kue Sarang Semut Kukus.

Apa bahanya memakai sarang semut? ya tentu tidak namanya saja sarang semut dimana nama tersebut diambil karena bentuknya berlubang lubang seperti sarang semut, soal rasa jangan lagi ragu pastinya lezat dan sangat cocok untuk hidangan keluarga tercinta. Apa cara membuat kue sarang semut kukus sulit? sekali lagi disini ditekankan tidak ada yang sulit sekalipun baru belajar memasak. karena www.resepnyaumi.blogspot.com memberi resep yang sangat sangat praktis tetapi tidak mengurangi rasa masakan itu sendiri jadi jangan takut untuk mencobanya.

Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut Kukus sangat sederhana selain manis juga lembut, untuk mencoba resep kue sarang semut ini cukup mengikuti resep dibawah ini.

Kue Sarang Semut Kukus

Bahan-Bahan Kering Membuat Kue:


  1. Tepung terigu protein sedang: 150 gram
  2. Tepung maizena: 85 gram
  3. Gula pasir: 400 gram
  4. Garam: 0,25 gram
  5. Soda kue: 1 sendok teh


Bahan-Bahan Basah Membuat Kue:


  1. Air putih: 400 mililiter
  2. Telur ayam: 6 butir
  3. Susu kental manis cokelat: 150 gram
  4. Margarin: 100 gram
  5. Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut Kukus yang Lembut, Enak dan Spesial


Tips Mempersiapkan Bahan dan Alat:


  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa peralatan penting yang akan anda butuhkan dalam hal membuat kue. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah loyang, pengukus, panci, alat penimbang kue, dan baskom yang akan anda gunakan untuk mengocok adonan. Dengan mempersiapkan peralatan ini, maka akan semakin mudah untuk anda dapat membuat kue dengan lebih mudah dan nyaman.
  2. Nah, bila peralatan ini sudah dipersiapkan, maka bahan pertama yang akan diukur adalah tepung terigu. Masukkan tepung terigu dalam wadah penimbangan dan ukur dengan takaran yang sudah ditetapkan diatas. Perhatikan kembali ukuran terigu. Ukuran yang pas akan membuat kue yang anda buat akan semakin lezat dan empuk. Setelah ditakar, masukkan dalam wadah dan ayak dengan menggunakan saringan secara merata. Lalu sisihkan.
  3. Selanjutnya untuk margarin. Silahkan takar margarin dengan ukuran yang sudah ada pada resep. Setelah itu, masukkan dalam wajan untuk kemudian akan dilelehkan dengan menggunakan api yang kecil. Nah, setelah margarin meleleh, angkat sajian ini dan sisihkan sementara agar margarin menjadi lebih hangat.
  4. Sementara itu, untuk sisa bahan-bahan, silahkan bahan-bahan tersebut sementara. Karena bahan ini bisa langsung anda masukkan dalam adonan dan dicampur secara merata.

Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut:

  1. Sebelum membuat kue, terlebih dahulu silahkan lumuri loyang dengan menggunakan margarin secara merata. Hal ini dimaksudkan agar kue yang sudah matang tidak sulit dikeluarkan dari loyang.
  2. Setelah selesai, baru silahkan masak gula dalam wajan atau panci sampai gula menjadi lebih gosong, setelah itu, baru masukkan air panas kedalamnya dan masak sampai gula larut dalam air. Aduk-aduk secara merata. Angkat gula yang sudha menjadi karamel dan sisihkan sementara agar suhunya menjadi lebih dingin.
  3. Kemudian, kocok telur bersama dengan garam dengan menggunakan mixer sampai bahan ini menjadi tercampur dan agar berbuih.
  4. Selanjutnya, masukakn satu persatu bahan-bahan kering seperti tepung terigu, tepung mazeina, soda kue dan aduk-aduk sampai semuanya tercampur merata.
  5. Tuangkan karamel kedalam adonan keu dan aduk-aduk bahan ini sampai tercampur merata.
  6. Masukkan margarin bersama dengan susu kental manis dan aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata dan membentuk adonan yang kental.
  7. Lalu masukkan adonan ini dalam loyang dan rakatan dengan spatula bagian atasnya secara meraa.
  8. Baru setelah itu kukus dengan pengukus selama kurang lebih 70 menit.


Resep ini paling pas disajikan waktu family time jadi yang suka nyemil sangat dianjurkan membuat Bubur ini. dan apabila ingin ditanyakan silahkan comment dibawah ini atau ke fanspage facebook kami facebook.com/anekaresepnikmat

Previous
Next Post »

Posting Komentar