Blog Kumpulan aneka Resep Indonesia dan cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah, enak.

Cari Resep Yang Anda Mau

Minggu, 11 Mei 2014

Resep Cara Membuat Kue Bangkit

Resep Kue Bangkit - Kue Kering yang satu ini merupakan kue yang biasanya identik dengan Hari Raya imlek, dimana banya orang Chines membeli atau pun membuat Kue yang satu ini, akan tetapi pada perkembanganya Kue ini sudah makin di kenal masyarakat, sehingga kita pun penasaran untuk membuatnya, hal ini tentu tidak terlepas karena Rasanya yang cukup Istimewa.

Kue Bangkit biasanya di sebut juga dengan kue sagoo dimana bahan dasar pembuatanya terbuat dari tepung kelapa sehingga membuat Kue ini terasa gurih dan Renyah, di jamin anda pasti ketagihan untuk mencoba kue yang satu ini, Anda penasaran dengan cara membuat Kue bangkit ini, yuk kita langsung saja simak artielnya di bawah ini.

Resep Cara Membuat Kue Bangkit

Resep Kue Bangkit
Kue Bangkit
Bahan untuk membuat Kue Bangkit :
  • Tepung tapioka, 500 gram
  • Daun pandan, 6 lembar (4 untuk santan dan 2 untuk tepung)
  • Kuning telur, 2 butir
  • Putih telur, 1 butir
  • Gula halus, 200 gram
  • Santan kental (tanpa air), 275 ml (sesuaikan dengan kondisi adonan tepung)
  • Garam, ½ sendok teh
Cara membuat Kue Bangkit :
  1. Untuk persiapan, panaskan oven terlebih dulu dengan temperatur 1600 Celcius.
  2. Sangrai tepung dalam wajan bersama daun pandan dengan api kecil. Kalau tepung sudah berwarna kekuningan dan daun padannya sudah mulai layu dan mengering, angkat adonan lalu dinginkan. Setelah dingin, ayak hingga menghasilkan butiran halus.
  3. Sementara itu, lanjutkan dengan merebus santan, daun pandan yang diikat, dan garam hingga mendidih. Angkat dan saring.
  4. Kocok semua telur dan gula pasir hingga mengembang. Tambahkan santan yang tadi mendidih dan kocok secara perlahan.
  5. Setelah itu, tambahkan tepung dan uleni sampai teksturnya kalis. Jika adonan terlalu kering, kamu bisa menambahkan santan. Dan bila adonannya terlalu basah, tambahkan tepung sambil terus diuleni hingga kalis dan menyatu.
  6. Selanjutnya, giling adonan dengan ketebalan sekitar 1 cm. Berilah sedikit tepung pada cetakan, kemudian buat adonan dengan berbagai bentuk sesuai cetakan. Setelah itu, letakan pada loyang yang telah diolesi margarin. Untuk mencetak kue bangkit, kamu bisa menggunakan cetakan kue nastar, kue satu, atau cetakan yang terbuat dari kayu.
  7. Lakukan secara berulang hingga adonan habis. Lalu masukan dalam oven dan panggang kurang lebih 25 menit.
  8. Setelah matang, keluarkan dari oven dan dinginkan. Setelah itu, simpan di toples tertutup.
Tips :
  1. Kalau ingin memberi pewarna, oles saat kue sudah matang.
  2. Kamu juga bisa menambahkan potongan daun jeruk dan kulit jeruk purut untuk menambah aroma harum dengan mencampurkannya saat mendidihkan santan. Selamat mencoba!

Nah sekarang sudah saatnya kita untuk mencoba kue yang satu ini, jika teman-teman kesulitan atau pun ingin mencoba yang lain, teman-teman bisa mencoba resep yang semalam aku berikan, Yakni Resep Kue Bakpao, Oke selamat mencoba ya, semoga beruntung.

Previous
Next Post »

Posting Komentar