Blog Kumpulan aneka Resep Indonesia dan cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah, enak.

Cari Resep Yang Anda Mau

Senin, 12 Mei 2014

Resep Cara Membuat Kue Kastengel Keju Spesial

Resep Kue Kastengel - Indahnya hari ini membuat kita semakin semangat untuk mencoba berbagai resep yang sudah ada di blog buka puasa ini, sudah barang tentu teman-teman di sini pernah mencoba untuk membuat Kue bangkit yang mana udah pernah aku bagikan kepada teman-teman di sini, Kalau gak salah semalam ya, yah aku berharap teman-teman sudah memperaktekannya dan mendapatkan hasil yang maksimal tentunya.

Untuk hari ini kita kan membahas mengenai Tips membuat Kue kastengel ini, bagaiai mana membuat kue ini dengan hasil yang memuaskan dan juga sedap di santap, Nah aku gak akan lama-lama ya, langsung saja kita melihat Cara membuat Kue Kastengel di bawah ini.

Resep Kue Kastengel Keju Spesial

Resep Kue Kastengel
Kue Kastengel
Bahan-bahan :
  • 200 gr unsalted butter / mentega tawar
  • 100 gr margarin
  • 3 btr kuning telur
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 250 gr keju tua (bisa memakai keju parmesan / edam / gouda) , diparut
  • 50 gr susu bubuk full cream
  • 450 gr tepung terigu protein rendah
Bahan olesan & topping :
  • 1 kuning telur ayam, kocok
  • 1 sdm madu
  • 50 gr keju cheddar, diparut
Cara Membuat Kue Kastengel :
  1. Kocok butter, margarin, garam, kaldu ayam bubuk, menggunakan mixer kecepatan sedang hingga rata.
  2. Masukkan kuning telur satu persatu, aduk kembali hingga rata.
  3. Ayak terlebih dahulu tepung & susu, lalu masukkan kedalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus di aduk rata.
  4. Masukkan keju parmesan / edam / gouda yang telah diparut, aduk sampai rata.
  5. Giling adonan setebal 0,8 cm. Potong-potong dengan ukuran kira-kira panjang 5 cm & lebar 0,8 cm.
  6. Simpan adonan yang telah dibentuk di atas loyang yang telah di olesi sedikit margarin.
  7. Campur 1 kuning telur dengan 1 sdm madu untuk bahan olesan. Olesi setiap adonan dengan bahan olesan, lalu taburkan keju cheddar parut diatasnya sesuai selera anda.
  8. Panggang sampai matang pada oven dengan suhu 160-170ยบ selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang.
  9. Setelah matang dinginkan terlebih dahulu kastengel di atas rak kawat atau diamkan di loyangnya hingga mendingin, baru di masukkan ke dalam toples.

TIPS :
  1. Agar hasil kastengelnya sempurna gunakan tepung terigu protein rendah, jangan tepung terigu biasa!  Ada banyak merk tepung terigu protein rendah dipasaran tapi saya biasa memakai merk Kunci Biru. 
  2. Keju yang dipakai untuk adonan kastengel bisa menggunakan keju parmesan, keju edam atau keju gouda. Pilih salah satu jenis keju saja yang sesuai selera anda
  3. Ukuran bahan-bahannya yang pas yach timbangannya, jangan sampai ada bahan yang terlalu banyak, atau kue  kastengel anda akan gagal jadinya.  
  4. Saya biasa mengaduk adonan menggunakan mixer spiral, tapi ketika adonan terigu telah masuk, akan sulit mengaduk menggunakan mixer. Anda bisa memakai spatula kayu atau tangan untuk meng-uleni adonan. Jangan lupa pakai sarung tangan plastik ya kalau mau ngulenin pakai tangan *biar higienis gitu*.
  5. Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang kue, agar proses pemanggangan kuenya  maksimal. Tes dulu suhu dalam oven sebelum memasukkan loyang kue.
  6. Jangan menyimpan kue yang baru matang, alias masih panas langsung kedalam toples atau kue akan gampang hancur. Selalu dinginkan dahulu kue sebelum dimasukkan kedalam toples atau wadah tertutup. 
Karena berubung bentar lagi mau lebaran, maka dari itu mari mulai sekarang kita mencoba untuk perakteknya, jika teman-tema kesulitan, teman-teman bisa menanyakannya di kotak komentar di bawah, yang nantinya akan aku coba jawabnya, Terima Kasih.

Previous
Next Post »

Posting Komentar